Datsun Luncurkan All New Datsun GO+
Gandaria City Jakarta, 17 September 2013 - Pada hari ini, Datsun memperluas jangkauan globalnya malalui World Premiere All-New Datsun GO+ di Jakarta. Datsun juga mengkonfirmasi bahwa hatcback Datsun GO akan menjadi produk kedua yang diperkenalkan di Indonesia mulai tahun 2014, dengan sejumlah fitur yang didesain secara spesifik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Indonesia. World Premiere pada hari ini mewakili debut rangkaian kehadiran model Datsun yang akan diperkenalkan di Indonesia.
Datsun Luncurkan All New Datsun GO+ dan Pertegas Kembalinya Rangkaian Model di Tahun 2014.
- Datsun kembali memperkenalkan model baru yang dikembangkan secara spesifik untuk sejumlah pasar utamanya dan meluncurkan model kedua, yang dibuat untuk pasar Indonesia - Datsun GO+
- Datsun mempertegas kehadiran model baru lainnya - Datsun GO di Indonesia pada tahun 2014
- Datsun GO+ yang unik dan praktis serta Datsun GO yang lincah akan dipasarkan dengan harga di bawah 100 juta rupiah
- Kehadiran Datsun GO+ akan menciptakan segmen baru di Indonesia; Datsun GO+ adalah satu-satunya model dengan tiga baris penumpang di rentang harga ini
- Kedua model baru Datsun akan diproduksi di pabrik PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang berlokasi di Purwakarta, Indonesia
"Dengan kembalinya Datsu di Indonesia, kami turut mengubah makna mobilitas dan menekankan pembukaan akses lebih luas terhadap kebanggaan, kemandirian dan potensi kesempatan dari kepemilikan sebuah mobil. Kami sangat senang mengetahui akan banyak orang Indonesia yang memilih Datsun sebagai mobil pertama mereka," jelas Carlos Chosn, Presiden dan CEO Nissan Motor Co., Ltd., saat memperkenalkan kedua model baru Datsun.
Datsun GO+ adalah kendaraan MPV (Multi purpose vehicle) 5+2, yang dikembangkan seperti halnya ruang keluarga yang nyaman dan cozy untuk mengakomodasi kebutuhan seluruh anggota keluarga saat bepergian.
Model ini tampil dengan desain khas yang unik dan modern melalui siluet body dinamis yang menawan serta shoulder line kokoh. Garis desain yang 'bersih' dan tegas membuatnya tampil memukau dan menonjol dibandingkan produk lain yang sejenis. Dengan dimensi yang compact, lima-pintu, tiga baris kursi penumpang serta konfigurasi fungsional pada kursi-depan yang pintar, model ini sangat fleksibel dan praktis. Disesuaikan dengankebutuhan keluarga, Datsun GO+ menawarkan dua kursi ekstra di bagian belakang atau menjadi ruang kargo tambahan.
Mobil ini akan ditawarkan dengan Datsun Mobile Docking Station - sebuah solusi praktis yang mengintegrasikan smart-phoe dengan mobil.
Datsun GO+ yang berbobot ringan didukung mesin 1.2L dan transmisi manual 5-percepatan, dirancang untuk efisianesi bahan bakar optimal dan akselerasi responsif, sekaligus kelincahan di tengah kepadatan lalu lintas. Selain itu, dengan dimensi body-nya yang compact - panjang 3.995 mm, lebar 1.65 mm dan tinggi 1.485 mm - model ini sangat sesuai dengan kondisi jalan perkotaan yang penuh tantangan. wheelbase sepanjang 2.450 mm, merupakan kunci interior Datsun GO+ - jelas memperlihatakan identitasnya sebagai keluarga Datsun yang baru, namun pada saat yang sama juga mencerminkan kemampuannya yang lebih.
Filosofi yang diyakini Datsun berlandaskan prinsip bahwa pengembangan konsep dan penyempurnaan mobil dilakukan oleh insinyur lokal setelah dilakukan riset mendalam terhadap kebutuhan, gaya hidup dan pola berkendara masyarakat pada customer lokal. Proses pengembangan menyeluruh telah dieksekusi melalui proses yang sama dan pengalaman terbaik untuk memenuhi standar teknis Nissan Motor secara global.
Dengan memperkenalkan dua model di Indonesia, Datsun tak hanya membuka akses mobilitas pribadi kepada banyak keluarga Indonesia yang kini dapat meuwujudkan impian memiliki mobil baru dan modern, namun juga memberi kesempatan bagi pelanggan untuk memilih kendaraan MPV 5+2 yang praktis atau hatcback 5-pintu yang lincah tanpa mengorbankan kualitas maupun fitur-fitur penting.
Melalui peluncuran kedua model ini di pasar Indonesia, Datsun diharapkan mampu memberikan kontribusi penjualan hingga 50% dari total penjualan PT Nissan Motor Indonesia di tahun 2016, dan berkontribusi terhadap industri otomotif Indonesia serta program pemerintah yang mendorong peningkatan produksi mobil dan komponen-komponennya secara lokal, juga memperkenalkan mobil yang terjangkau dan ramah lingkungan di Indonesia.
Kedua model tersebut akan dipasarkan dengan harga di bawah Rp 100 juta rupiah - penawaran harga yang masih sedikit ditemukan di pasar otomotif saat ini.
Seperti di semua pasar lain di mana Datsun diluncurkan, para pelanggan di Indonesia juga akan mendapatkan pengalaman kepemilikian kendaraan yang menyenangkan melalui total ownership cost yang kompetitif, serta layanan yang dapat diakses dengan mudah dan transparan.
Di Indonesia, baik Datsun GO maupun Datsun GO+ akan diproduksi secara lokal di pabrik NMI yang berlokasi di Purwakarta, 80 km dari timur Jakarta, Indonesia dan dipaarkan pada tahun 2014.
Tentang Datsun
Nissan Motro Co., LTD. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ke-tiga bersma-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014.
Sejarah Datsun
Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna 'secepat sambaran petir' dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu, yaitu Messrs, Den, Aoyama dan Takeuchi - akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT.
Di tahun 1933, Pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi "mobilitas untuk semua". Maka, diperkenalkan mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama 'son of DAT' (anak laki-laki DAT) - Datson - yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.
Tentang PT. Nissan Motor Indonesia
PT. Nissan Motor Indonesia didirikan pada tahun 2001, beroperasi dalam bidang penjualan, distribusi, juga suku cadang resmi Nissan, serta menjalankan layanan purna jual di Indonesia. PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) menghadirkan rangkaian produk yang kompetitif dengan segmen kendaraan terlengkap. Di akhir tahun fiskal 2012, NMI berhasil meraih 67.699 unit penjualan, sehingga menjangkau 6.0% market share. dari total 98 diler yang tersebar di seluruh Indonesia, NMI akan memperluas jaringan menjadi 165 diler pada tahun 2016. Melalui pendirian pabrik baru NMI di Purwakarta, Jawa Barat, kapasitas produksi juga meningkat dari 90.000 unit menjadi 250.000 unit per tahun pada akhir 2016; seiring dengan peningkatan jumlah karyawan sebesar 3.300 orang.
Pidato Pembukaan CEO Untuk Premiere Datsun Indonesia
Gandaria City Jakarta, 17 September 2013 - Pada hari ini Nissan Motor Company mengambil keputusan berani untuk melangkah maju. Kani mengukuhkan misi kami untuk mewujudkan impian masyarakat Indonesia - dan sejumlah pasar yang berkembang pesat di seluruh dunia - untuk memiliki mobil.
Kebangkitan brand legendaris Datusn sendiri terinspirasi oleh tujujan membuka akses bagi masyarakat untuk memiliki sebuah mobil. Gagasan tersebut mendorong kami untuk mencioptakan mobil modern, praktis dan terjangkau oleh masyarakt kelas menengah di negara-negara yang berkembang pesat.
Datsun model terbaru merupakan bentuk dedikasi kami kepada para pendahulu dan warisan yang mereka tinggalkan.
Ketika Nissan Motor Company berdiri 80 tahun lalu, mobil "Datusn" adalah produk pertama yang ditawarkan. Sejarah Datsun berawal hampir seabad lalu di tahun 1914. Pada tahun tersebut, produk inovatif "DAT-CAR" - atau "DAT-GO" dalam bahasa jepang - diperkenalkan. Mobil tersebut mentransformasi definisi mobilitas pribadi di Jepang dan meningspirasi lahirnya Datsun - yang kemudian terkenal dengan serangkaian mobil Durable (memiliki tingkat ketahana tinggi), Attractive (menarik), dan Trustworthy (terpecaya).
Produksi mobil Datsun terus berlanjut hingga awal tahun 1980-an, dan brand Datsun senantiasa menjaring penggemar setia dari seluruh dunia. Lebih dari 20 juta mobil Datusn berhasil terjual di 190 negara.
Pada hari ini, kami mempersembahkan kehidupan baru kepada brand bersejarah ini. Mengapa? Sebab terdapat peningkatan jumlah konsumen di Indonesia dan pasar lain yang berkembang pesat; mereka Dream (bermimpi) untuk memiliki mobil, ingin memiliki Access (akses) terhadap mobilitas individual dan pelayanan yang baik, dan brand Trustworthy (terpercaya) untuk menjamin pembelian.
Untuk meraih para konsumen ini, kami membuat babak baru dalam sejarah Datsun sejak dua bulan yang lalu. Di India, kami telah mengumumkan kepada dunia mengenai kembalinya Datsun juga memperkenalkan mobil pertama dari lini model terbaru Datsun: Datsun GO.
Kini di Jakarta, pada hari ini, kisah bersejarah kembali berlajut.
Sesaat lagi, kami akan memperkenalkan dua model Datsun terbaru yang dikembangkan secara khusus bagi masyarakat Indonesia. Kami sangat menantikan momen saat Datsun dipasarkan di Indonesia pada tahun dapan - juga perkenalan model baru Datsun lainnya di Rusia dan Afrika Selatan.
Seiring dengan kembalinya Datsun di Indonesia, kami turut mengubah makna mobilitas dan kami memastikan pembukaan akses lebih luas terhadap kebanggaan, kemandirian dan potensi kesempatan dari kepemilikan mobil. Kami sangat senang mengetahui akan banyak orang indonesia yang memilih Datsun sebagai mobil pertama mereka.
Rencana produksi dan distribusi Datsun mencerminkan komitmen Nissan Motor Company di Indonesia sebagai salah satu pasar utama; serta memperluas kapasitas produksi lokal di Indonesia. Untuk memenuhi tujuan tersebut, kami berusaha memperluas kapasitas produksi dan jaringan diler di Indonesia - serta membuka lapangan kerja di dalam negeri.
Tujuan kami adalah meningkatkan kapasitas produksi tahunana dari 90.000 unit menjadi 250.000 unit - dan meningkatkan jumlah karyawan dari 1.770 menjadi 3.300 orang - di tahun 2016.
Langkah agresif kami di pasar Indonesia juga mencerminkan perubahan dramatis yang terjadi pada industri otomotif dunia.
Saat ini, pasar mobil global berada dalam periode transisi yang signifikan. Lima tahun lalu, mayoritas penjualan mobil terdapat di sejumlah pasar mapan di seluruh dunia - termasuk Eropa, Jepang, dan AS. Pasar yang berkembang pesat - termasuk India, Brazil, China, Rusia, dan Indonesia - berkontribusi terhadap 40% total penjualan. Namun, rasio perbandingan ini berubah dengan cepat. Di tahun 2016, kami memprediksi bahwa 60% total penjualan berasal dari pasar-pasar yang berkembang pesat.
Izinkan saya menjelaskan tren evolusi ini. Di Amerika Serikat, terdapat 800 mobil per 1.000 warga. Sedangkan, untuk orang dewasa di pasar Eropa, jumlahnya 500 mobil. Di Rusia, tingkat kepemilikan mobil adalah 280 mobil per 1.000 orang. Di Afrika Selatan, 160 mobil. Di India, 15 mobil. Dan di Indonesia, jumlahnya 45 mobil.
Di pasar yang berkembang pesat ini, jumlah para konsumen yang ambisius, optimistis dan pekerja keras semakin meningkat dan bergerak menuju kelas ekonomi menengah. Daya beli mereka meningkat, seiring dengan aspirasi dan kebutuhan akan transportasi.
Pada pasar ini, terdapat peningkatan permintaan atas mobil keluarga berkualitas. Oleh karenanya, kami berusaha memenuhi permintaan tersebut melalui model All-New Datsun. kami berada pada jalur yang tepat: menawarkan mobil yang dapat mengakomodasi kebutuhan seluruh anggota keluarga dan mempermudah kehidupan mereka - tanpa memaksa mereka berkompromi dengan inovasi, desain maupun tingkat ketahanan.
Untuk menjangkau dan menarik perhatian mereka,kami tetap berpegang teguh pada konsep dasar Datsun - dengan penawaran produ, yang lebih revolusioner.
Model-model Datsun berikutnya merupakan cerminan dari penghormatan kami terhadap peninggalan brand - paduan teknik modern dengan filosofi yang diyakni Datsun. Kami menciptakan tampilan dan nuansa berbeda melalui model All-New Datsun dan memasukkan fitur-fitur "wajug" yang menjadi prioritas keluarga modern.
Seperti yang akan rekan media lihat sesaat lagi, mobil ini meresapi semangat optimisme dan individualitas Datsun - disesuaikan dengan desain kontemporer dan kemampuan masa kini. Generasi terbaru Datsun mencerminkan tujuan Nissan Motor Company dengan mempekerjakan teknisi mesin dan pabrik lokal demi menjamin kepuasan pelanggan, kecepatan produksi, dan efisiensi biaya.
Mobil-mobil yang akan kami perkenalkan hari ini dikembangkan sesuai masukan yang diberikan para insyinyur dan pakar produk di Indonesia. Mereka menggabungkan ilmu pengetahuan dan styling Jepang dengan kepiawaian serta kearifan lokal. Paduan tersebut adalah kombinasi yang luar biasa kuat.
Kedua mobil Datsun yang akan diluncurkan pada tahun 2014 di Indonesia ditujukan khusus bagi segmen keluarga dan diproduksi secara lokal di pabrik kami yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat. Kami juga berkolaborasi dengan supplier lokal yang terpercaya.
Datsun akan menjadi partisipan penting dalam program "Low Cost Green Car" yang diinisiasi oleh pemerintah Indonesia.
Program jangka panjang ini bertujuan meningkatkan produksi kendaraan dan komponen-komponennya secara lokal serta mendorong terwujudnya mobil-mobil yang terjangkau dan ramah lingkungan. Kami bangga dapat berkontribusi dalam program penting ini.
Berdasarkan keyakinan kami terhadap pasar Indonesia yang berkembang pesat, keunggulan produk yang kami tawarkan, dan kebaikan program Low Cost Green Car, kami berharap Datsun dapat mencakup 50% total penjualan Nissan Motor Company di Indonesia pada tahun 2016.
Sekarang, saya ingin menjelaskan tentang mobil-mobil unggulan kami.
Pada hari ini, untuk pertama kalinya kami memperkenankan, 5 = 2 MPV Datsun Go+
Mobil berjenis Multi-Passenger Vehicle yang dinamis ini menampilkan kesan modern, stylish dan lapang. Dalam proses pembuatannya, para desainer Nissan Design Center di Jepang berkolaborasi dengan insinyur di Indonesia untuk memaksimalkan kelapangan ruang kabin bagi Datsun GO+. Hasilnya, Datsun GO+ menjadi lebih dari sekedar mobil; dilengkapi ruang keluarga nyaman yang posisinya dapat diubah-ubah, Datsun GO+ mampu mengakomodasi kenyamanan berkendara bagi tujuh orang penumpang. Mobil lima-pintu bermesin 1.2 liter yang dipasangkan dengan transmisi manual lima-percepatan menawarkan efisiensi bahan bakar yang sempurna, dengan jangkauan lebih dari 20 kilometer per liter.
Datsun GO+ akan memberi definisi baru bagi 'perjalanan keluarga'. Model ini akan ditemani oleh Datsun GO hatchback, yang telah menuai respon positif sejak diperkenalkan melalui World Premiere di bulan Juli.
Datsun GO yang akan kami perkenalkan telah disesuaikan dengan pasar dan dikembangkan secara spesifik sesuai peraturan pemerintah serta kebutuhan masyarakat Indonesia.
Hatchback lima pintu ini menawarkan fleksibelitas unik serta efisiensi bahan bakar yang tinggi. Dengan penyangga yang lebar, wheelbase luas, kursi depan yang dapat dilapangkan, serta kelegaan headroom - Datsun GO mempersembahkan kenyamanan dan ruang kabin terbaik di kelasnya. Selain itu, model ini juga diperkuat dengan powertrain yang mampu memberikan respon akselerasi optimal dan kelincahan di tengah kemacetan lalu lintas.
Baik Datsun GO+ maupun Datsun GO akan dilengkapi dengan fitur praktis pada mobil Datsun: Mobile Docking Station yang memberi kemudahan bagi pemilik untuk mengintegrasikan smart phone dan perangkat musik mereka dengan sistem audio mobil.
Kedua model akan dipasarkan dengan harga menarik di bawah 100 juta rupiah. Bahkan, Datsun GO+ akan membuka segmen harga yang belum pernah ada sebelumnya melalui penawaran harga istimewa untuk mobil dengan tiga baris penumpang - sehingga menjadiknnya pencetus segmen baru.
Sama halnya dengan mobil "DAT-GO" otentik, Datsun G)+ dan Datsun GO memberi kemudahan bagi pengendara untuk "GO" (bepergian) ke berbagai tempat - dengan kenyamanan dan ketenangan pikiran. Prinsip ini sesuai dengan kata "GO" yang dalam bahasa Jepang beratti "strong" (kuat) dan "durable" (memilik ketahana tinggi). Selain itu, "GO+" juga menawarkan fitur tambahan berupa ruang kabin yang lebih luas dan kursi yang ekstra.
Kami sangat menantikan momen saat Datsun GO+ dan Datsun GO dipasarkan di Indonesia pada awal tahun depan. Kami berharap dapat turut berkontribusi kepada laju pertumbuhan Indonesia dan mendukung program Low Cost Green Car. Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran rekan media sekalian dalam perayaan kembalinya Datsun.
Label: datsun go+, hatcback datsun go, mobil, otomotif
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda